Pemkot Batu Berharap Homestay dan Villa Masuk Hitungan Kunjungan Wisata

Kelurahan Songgokerto sudah sejak lama terkenal dengan penginapan villanya. Totalnya ada 350-an villa. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES).
Kelurahan Songgokerto sudah sejak lama terkenal dengan penginapan villanya. Totalnya ada 350-an villa. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES).

PAMEKASANTIMES, BATU – Target jumlah wisatawan  tahun 2019 ditentukan  sejumlah 6,1 juta. Selain strategi, Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Batu ingin agar homestay dan vila bisa masuk dalam hitungan kunjungan.

“Tahun ini diperkirakan untuk pengunjung homestay dan vila itu masuk dalam perhitungan kunjungan. Harusnya seperti itu,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kelala Dispar Kota Batu Imam Suryono, Jumat (11/1/2019).

Ia menambahkan jumlah homestay dan vila di Kota Batu cukup banyak. Sampai  ratusan unit. Tentunya jika kunjungan di sana dimasukkan dalam penghitungan jumlah kunjungan wisata, tentunya akan membantu.

“Tapi masih belum tahu  edaran surat dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur terkait hal ini, tapi semoga tahun ini,” ungkapnya saat ditemui di kantornya, Balai Kota Among Tani. 

Terlebih seperti homestay itu terkenal berada di Desa Oro-Oro Ombo. Sedangkan  vila berada di Dusun Songgoriti,Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. 

“Terkadang wisatawan yang datang ke Kota Batu memilih datang ke dua tempat tersebut. Dan tentunya saat hari libur selalu penuhi hingga menolah,” jelas Imam.

Melihat wisatawan ke Kota Batu tidak hanya sekadar berwisata tetapi juga menginap. Terkadang tujuan utama ke Kota Batu untuk mencari suasana yang berbeda dan ingin menjajal penginapan di Kota Batu.

Menurut Imam,  jika homestay dan vila bisa masuk dalam hitungan jumlah kunjungan, tentunya bisa melebih jauh dari yang ditentukan. “Ya semoga di tahun ini segera ada surat edarannya. Karena itu seharusnya masuk hitungan,” harap pria yang juga staf ahli Pemkot Batu ini. 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Batu TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]pamekasantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]pamekasantimes.com | marketing[at]pamekasantimes.com
Top