5 Keajaiban Air Zamzam yang Membuat Para Ilmuwan Terkejut

Sumur Zamzam (Foto istimewa)
Sumur Zamzam (Foto istimewa)

PAMEKASANTIMES, MALANG – Siapa yang tidak tahu air zam-zam? Pasti hampir seluruh muslim tahu mengenai air yang satu ini. Seluruh muslim juga setidaknya pernah mendengar bahwa sumur air zam-zam tidak pernah surut meskipun tidak ada hujan. Selain itu, air zam-zam juga tidak pernah habis meski diambil oleh jutaan orang di seluruh dunia pada saat musim haji. Banyak sekali keistimewaan air zam-zam yang lain, berikut 5 di antaranya.

1. Sumur air zam-zam tidak pernah surut
Lokasi sumur air zam-zam yang terletak di kawasan Masjidil Haram sebelah tenggara Ka'bah merupakan lokasi yang jarang terkena curah hujan. Meskipun terletak di kawasan kering, namun air dalam sumur zam-zam tidak pernah habis atau surut.

Setiap musim haji tiba, setidaknya dua juta orang dari seluruh penjuru dunia datang ke Mekkah untuk menunaikan ibadah haji. Setiap jamaah setidaknya membawa pulang air zam-zam sekitar 5 liter. Air zam-zam juga digunakan oleh penduduk setempat setiap harinya sebagai sumber air.

2. Kandungan mineral dalam air zam-zam
Jika kita lihat, air zam-zam seperti air biasa pada umumnya. Airnya bening, segar, dan tak berasa. Namun jika melihat dari kandungan mineral, air zam-zam jauh lebih unggul daripada air biasa.

Air zam-zam mengandung elemen-elemen alamiah sebesar 2000 miligram (mg) per liter.
Sedangkan air biasa tidak akan lebih dari 260 mg per liter. Tentu saja itu membuktikan bahwa air zam-zam khasiatnya lebih unggul dari air biasa.

3. Kemurnian air zam-zam
Pada tahun 1971, seorang doktor dari negeri Mesir mengatakan bahwa air zam-zam tidak sehat untuk diminum. Alasannya, karena sumur zam-zam berada di kawasan yang ada di bawah garis permukaan laut. Selain itu, ia juga menganggap bahwa air dalam sumur zam-zam berasal dari sisa pembuangan penduduk kota Mekkah.

Hal itu dibantah oleh Raja Faisal yang amat marah ketika mendengar berita itu. Kemudian, ia mengirimkan sampel air zam-zam untuk dites di laboratorium-laboratorium di Eropa. Setelah melakukan beberapa penelitian di Eropa, ternyata hasilnya tidak seperti yang dikatakan oleh doktor Mesir itu.

Beberapa hasil penelitian dilakukan oleh Tariq Hussain dari penelitian instalasi pemurnian air laut di laboratorium Eropa. Yang pertama, air zam-zam melalui proses penyaringan secara alami yang sangat unik, yakni melalui bebatuan dan gurun pasir yang berlapis-lapis.

Kedua, air zam-zam bebas dari kontaminasi kuman karena lingkungan terjaga alami. Ketiga, sumber mata air zam-zam secara alami mengalir tanpa bantuan mesin penyuplai air. Saat dilakukan pencarian sumber mata airnya ternyata air itu keluar dari dasar sumur.

4. Keajaiban air zam-zam di mata ilmuwan
Bukti tentang kebenaran air zam-zam tidak hanya diucapkan dengan kata, tapi juga dengan penelitian. Salah seorang ilmuwan terkenal asal Jepang, Dr Masasro Imoto menganggap bahwa air zam-zam memiliki beberapa keistimewaan yang tidak tertandingi oleh air biasa.

Menurut sejumlah kajian ilmiahnya terhadap air zam-zam dengan teknik nano, apabila air zam-zam dicampur kedalam 1000 tetes air biasa maka air tersebut akan memiliki berbagai keistimewaan air zam-zam.

Selain itu, ilmuwan pencetus teori kristalisasi molekul air ini juga menganggap bahwa air zam-zam memiliki komposisi garam dan mineral yang tetap stabil. Hasilnya, tidak ada satu orangpun yang mengeluh sakit sesudah minum air zam-zam.

5. Menyembuhkan penyakit
Dengan berbagai keistimewaan air zam-zam, tentu saja air suci ini mampu menyembuhkan berbagai penyakit dalam tubuh manusia. Rasulullah pernah menggunakan air zam-zam untuk menyembuhkan orang yang sakit. Itulah kenapa banyak jamaah haji membawakan air zam-zam untuk keluarganya.

Rasulullah SAW bersabda, “Air zam-zam bermanfaat untuk apa saja yang diniatkan ketika meminumnya. Jika engkau minum dengan maksud agar sembuh dari penyakitmu, maka Allah menyembuhkannya."

Pewarta : Imarotul Izzah
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]pamekasantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]pamekasantimes.com | marketing[at]pamekasantimes.com
Top