Terkait Kotak Suara Rusak di Jember, Ketua PPK Sumberbaru Berikan Statemen Berbeda kepada Wartawan

Beberapa petugas PPK Kecamatan Sumberbaru saat menjemur beberapa logistik Pemilu 2019. (foto : istimewa / Jatim TIMES)
Beberapa petugas PPK Kecamatan Sumberbaru saat menjemur beberapa logistik Pemilu 2019. (foto : istimewa / Jatim TIMES)

PAMEKASANTIMES, JEMBER – Berita rusaknya kotak suara milik KPU akibat terkena tetesan air hujan di gudang penyimpanan milik PPK Kecamatan Sumberbaru Jember dan diberitakan Jatim TIMES membuat sejumlah wartawan dari beberapa media datang. Hal ini menyusul setelah ada berita di salah satu televisi swasta nasional terkait statemen ketua PPK Kecamatan Sumberbaru Feri Agus Rudianto yang menepis berita adanya kotak suara yang rusak.

Dalam video yang beredar, Feri Agus Rudianto menyatakan bahwa isu adanya kotak suara yang rusak tidak benar. Yang benar adalah kotak suara terkena percikan air hujan dan itu tidak menjadi masalah karena sudah dijemur oleh pihak PPK.

“Kalau kotak suara yang rusak, itu tidak ada. Yang benar adalah kotak suara terkena percikan air hujan. Kalau sudah menggunakan bahasa rusak, berarti kan tidak bisa dipakai. Jadi, di berita itu diisukan ada 7 kotak suara yang rusak,” ujar Feri saat diwawancarai dengan cara visual pada Minggu (14/4/2019) malam. 

Sedangkan Minggu siang sekitar pukul 11.00 WIB, sebelum memberikan berita sanggahan, Jatim TIMES yang kebetulan berhenti di Kantor Kecamatan Sumberbaru Jember melihat adanya lantai gudang tempat penyimpanan kotak suara berbahan kardus basah. Hal ini diakui oleh salah satu petugas PPK yang menjaga gudang. 

“Iya Mas, basah karena bocor. Kemarin hujan lebat. Tadi memang ada yang terkena air dan kami jemur. Namun lebih jelasnya, silakan tanya kepada ketua PPK langsung yang sekarang menggelar rapat di kantor kecamatan,” ujar petugas.

 Lantas Jatim TIMES menemui ketua PPK. Dalam wawancara antara ketua PPK dengan Jatim TIMES, dengan jelas Feri menyebutkan jika pihaknya sejak awal sudah melakukan simulasi untuk mengantisipasi adanya kendala-kendala. Namun karena curah hujan yang tinggi, dirinya harus melakukan sortir kotak suara untuk dikembalikan ke KPUD.

 “Jauh-jauh hari kami sudah antisipasi dan melakukan sumulasi untuk mengantisipasi tingkat kerawanan. Namun karena curah hujan yang tinggi, terpaksa kami harus melakukan sortir terhadap kotak suara untuk dikembalikan ke KPUD. Jumlahnya ada 7 kotak suara yang harus dikembalikan” ujar Feri kala itu. 

Dengan menggunakan bahasa dikembalikan, maka hal ini menunjukkan jika 7 kotak suara yang disortir dan dikembalikan ke KPUD tersebut mengalami kerusakan. Usai dua pernyataan berbeda yang disampaikan oleh ketua PPK Kecamatan Sumberbaru kepada dua wartawan, Jatim TIMES berusaha konfirmasi terkait adanya dua statemen yang berbeda. Namun Feri tidak memberikan jawaban. Whatsapp yang dikirimkan Jatim TIMES hanya dibaca tanpa dibalas.

Sementara komisioner KPUD Jember Ahmad Hanafi, saat dikonfirmasi Jatim TIMES, mengatakan bahwa pihaknya setelah muncul berita di media mengenai adanya kerusakan kotak suara di PPK Sumberbaru langsung melakukan konfirmasi ke pihak PPK. Jatim TIMES mendapatkan jawaban kalalu 7 kotak suara di PPK Sumberbaru benar terkena air hujan. Namun pihaknya juga sudah menyiapkan kotak pengaanti kalau pihak PPK membutuhkan.

“Memang kemarin setelah muncul berita adanya kotak suara yang rusak, saya konfirmasi ke PPK. Katanya kotak suara yang terkena percikan masih bisa dipakai untuk di jemur. Namun kalau misal nanti minta ganti, ya akan kami ganti karena stok untuk kotak suara di kami masih ada. Namun saya nggak tau apakah hari ini sudah dijemur apa belum,” pungkas Hanafi yang juga mantan jurnasli televisi ini kepada Jatim TIMES Senin (15/4/2019). 

Pewarta : Moh. Ali Mahrus
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Jember TIMES
Redaksi: redaksi[at]pamekasantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]pamekasantimes.com | marketing[at]pamekasantimes.com
Top