Baliho Jokowi-Misbakhun Akhirnya Dicopot Bawaslu Kota Pasuruan

Petugas mencopot baliho bergambar presiden dan anggota DPRRI.
Petugas mencopot baliho bergambar presiden dan anggota DPRRI.

PAMEKASANTIMES, PASURUAN – Setelah diprotes sejumlah kalangan, baliho bergambar Presiden Jokowi dan anggota DPRRI Misbakhun diturunkan Bawaslu dan Satpol PP Kota Pasuruan. Baliho yang dianggap bukan sebagai alat peraga kampanye (APK) ini terpasang di sejumlah ruas jalan protokol Kota Pasuruan.

Pencopotan baliho ini bersamaan dengan APK caleg dan capres lainnya. Jajaran Bawaslu dan Satpol PP Kota Pasuruan harus menggunakan mobil pemeliharaan penerangan jalan umum untuk melepas baliho tersebut.

Ketua Bawaslu Kota Pasuruan, Moh Anas menyatakan, penertiban APK dan baliho bergambar presiden dan anggota DPRRI ini tidak bisa dilakukan pada saat awal masa tenang. Selain terpasang di papan reklame raksasa, untuk melepasnya memang membutuhkan peralatan khusus.

“Semua APK dan atribut yang bergambar dilakukan penertiban hingga menjelang hari pencoblosan,” kata Moh Anas.

Diberitakan sebelumnya, Bawaslu Kota Pasuruan menyebut bahwa beberapa baliho bergambar dua tokoh nasional tersebut tidak termasuk yang akan dicopot pada masa tenang menjelang Pemilu. Karena baliho tersebut tidak termasuk dalam kategori APK yang diantaranya tidak terdapat lambang partai dan nomor urut calon.

Sekretaris Partai Gerindra Kota Pasuruan, Mamat Aryo menyatakan keberatan jika Bawaslu membiarkan baliho bergambar capres dan caleg tetap terpasang. Meski tidak mencantumkan lambang partai dan nomor urut, gambar tersebut menjadi alat kampanye terselubung.

“Pembiaran atribut bergambar presiden dan caleg akan menjadi preseden buruk bagi pelaksanaan Pemilu yang jujur dan adil. Semua orang tahu, jika gambar presiden dan anggota DPRRI adalah calon petahana,” kata Mamat Aryo.

Pewarta : Arisandi Pasuruantimes
Editor : Moch. R. Abdul Fatah
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Pasuruan TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]pamekasantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]pamekasantimes.com | marketing[at]pamekasantimes.com
Top