Malang Miliki Ombak Buatan Terbesar di Dunia, Sejajar dengan Dubai dan Amerika

Nland Surf Park. (Foto istimewa)
Nland Surf Park. (Foto istimewa)

PAMEKASANTIMES, MALANG – Salah satu hal yang dicari orang saat berwisata ke pantai adalah empasan ombaknya. Terkadang ombak-ombak besar ini digunakan oleh para wisatawan untuk berselancar.

Ada banyak pantai dengan ombak tinggi dan besar di dunia ini. Namun, pernahkah kamu mengunjungi wahana air dengan ombak-ombak buatan yang besar?

Kenikmatan ombak besar tidak hanya bisa didapat di pantai saja. Apabila malas ke pantai lantaran harus melalui perjalanan jauh, Anda bisa pergi ke wahana-wahana air di perkotaan yang menyajikan ombak-ombak besar.

Ada 10 wahana air di dunia ini yang menyajikan ombak buatan terbesar yang tersebar di berbagai negara. Nah, salah satunya ada di Indonesia tepatnya di kota Malang. Berikut 10 ombak buatan tersebut.

1. Nland Surf Park

Nland Surf Park merupakan tempat berselancar buatan terbesar yang terletak di pedalaman Texas, Amerika Utara. Tidak tanggung-tanggung, tempat ini menawarkan ombak setinggi 6 kaki dan juga ombak yang lebih lembut untuk berselancar.

Nland menyediakan wahana gelombang hingga 35 detik dan peselancar memiliki kesempatan untuk menangkap gelombang baru setiap dua menit. Nland menyediakan fasilitas untuk pemula yang ingin belajar berselancar.

Di Nland, ada dermaga yang membagi zona sesuai dengan tinggi gelombang. Lingkar sisi timur menyediakan ombak kecil, zona yang ideal untuk para pemula. Sedangkan sisi barat menyediakan gelombang 4 kaki lebih besar untuk para peselancar menengah. Sementara bagian yang paling dekat dengan dermaga di sisi timur dan barat memberikan gelombang tertinggi yaitu sekitar 5-6 kaki yang dirancang untuk peselancar tingkat lanjut.

Gelombang-gelombang tersebut digerakkan oleh hydrofoil di bawah dermaga yang mendorong lebih dari 11 juta galon air.

2. Flowrider

Flowrider merupakan salah satu wahana air yang menyediakan gelombang ombak terbesar untuk para peselancar. Wahana ini dibangun oleh FlowRider Inc, sebuah anak perusahaan dari White Water West Industries yang dikenal dengan perusahaan raksasa yang memang ahli dalam bidang air.

Wahana air Flowrider sengaja didesain sebagai taman air yang epic dan atraktif. Wahana ini digerakan oleh sebuah mesin Flowrider yang andal dalam menciptakan gelombang ombak buatan yang amat dahsyat.

Orang awam menjadikan tempat ini untuk belajar dasar-dasar berselancar. Sedangkan para peselancar profesional menjadikan tempat ini sebagai tempat latihan dan tempat bersenang-senang.

3. Laguna Typhoon Disney

Disney Typhoon Laguna adalah taman hiburan air yang terletak di Walt Disney World Resort in Lake Buena Vista, Florida, dekat Orlando. Laguna ini memiliki ketinggian ombak setinggi 2 meter. Wahana air ini juga menawarkan berbagai macam seluncuran air.

Di wahana air milik Walt Disney ini juga terdapat kolam renang dan pantai. Selain itu, ada zona khusus di Shark Reef yang memungkinkan para tamu melakukan scuba diving di antara hiu hidup dan ikan tropis.

Laguna juga menyediakan wahana perahu yang akan membawa pengunjung mendaki Gunung Mayday yang selanjutnya akan menyemburkan air mancur seukuran 15 meter setiap 1 jam, tepat sebelum bel jam tangan terdengar di atasnya.

4. Snowdonia

Dulunya situs ini merupakan Dolgarrog alumunium yang kemudian ditutup pada tahun 2007. Tahun berikutnya situs ini dibeli oleh Enscop Jansten dan jadilah Snowdonia, sebuah wisata wahana air yang memberikan pengalaman berselancar dengan tinggi ombak yang menakjubkan.

Proses pengembangan dan pembangunan situs yang sukses memberikan pengalaman berselancar yang luar biasa bagi pengunjungnya ini sempat menghadapi sejumlah masalah rumit. Pasalnya, lokasi wahana ini berdekatan dengan situs kepentingan ilmiah khusus.

Tidak hanya itu. Sebenarnya lokasi wahana ini juga terletak di dataran banjir Sungai Conwy. Namun masalah teratasi sehingga wahana air yang bisa menampung 3.500 orang sekaligus dalam kolam ini bisa dinikmati oleh pengunjung.

5. Kelly's Wave

Kelly's Wave dirancang oleh ahli mekanik gelombang air University of Southern California, Adam Fincham. Bisa dibilang, wahana air Kelly's Wave ini merupakan karya kolaborasi antara peselancar Kelly Slater dan Adam Fincham.

Beberapa saat setelah ditugaskan sejak tahun 2006, tim Fincham segera memindahkan hasil lab ke Surf Ranch. Maka mulailah dibangun sebuah kolam persegi panjang yang tak lain adalah danau ski air buatan.

Dalam wahana air ini dipasangi sebuah hydrofoil yang mirip sayap pesawat yang berbentuk vertikal, melengkung, dan pendek yang ditanam atau didudukkan dalam air setelah beberapa meter.

Dalam Kelly's Wave ini terdapat pembagian wilayah arena berselancar yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan atau keterampilan berselancar.

Kelly's Wave dikenal dengan gelombang ombak buatannya yang tinggi tapi wahana air ini juga tetap menyediakan tempat bagi peseluncur pemula dengan ketinggian gelombang atau ombak yang sesuai.

6. Wadi Adventure

Wadi Adventure merupakan wahana air dengan saluran-saluran air mancur buatan terpanjang di dunia yang terletak di Al Ain Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Dalam wahana adventure ini, terdapat fasilitas arum jeram dan selancar air yang dibangun di kaki Bukit Jabal Hafid yang megah.

Kabarnya wahana air ini memiliki gelombang ombak buatan yang mencapai tinggi 3,3 meter setiap 90 detik. Maka tak heran kalau wahana ini tergolong sebagai wahana air dengan gelombang ombak terbesar di dunia.

Meski demikian, Wadi Adventure juga menyediakan sarana selancar untuk pemula dan peselancar tingkat lanjut. Tidak hanya itu. Wahana Wadi Adventure ini juga memiliki jaringan saluran air terbesar dan terpanjang di dunia dengan panjang 1,7 km.

Wadi Adventure di Al Ain ini tercatat sebagai salah satu adventure park berbasis air di Timur Tengah yang melayani kegiatan seperti rafting, kayaking, surfing, dan wake boarding semua dalam satu atap.

7. The Cove

Bermula dari sebuah demo wahana berselancar yang hanya berukuran 50 x 80 m pada bulan Oktober 2016 di Spanyol, akhirnya The Cove bisa membuktikan bahwa membangun wahana air yang menakjubkan juga bisa dibuat di atas lahan kecil.

The Cove juga dirancang dengan frekuensi gelombang yang amat tinggi. Meski demikian, CEO Wavegarden Josema Odriozola mengatakan pihaknya tetap memberi kesempatan bagi peselancar pemula untuk dapat menikmati nyamannya gelombang ombak buatan di wahana air ini.

Teknologi yang dimiliki The Cove dalam sekejap dapat mengubah tinggi gelombang, bentuk, dan kekuatan gelombang tersebut untuk menyamai tingkat pengalaman semua peselancar. Tidak hanya itu. Frekuensi gelombang-gelombang The Cove pun demikian.

Tidak berlebihan jika The Cove disebut-sebut sebagai wahana pemilik gelombang ombak buatan terdahsyat di dunia.

8. Siam Park

Siam Park adalah taman air di Costa Adeje, di pinggiran pantai di Tenerife, Kepulauan Canary. Wahana air yang dibuka tanggal 17 September 2008 ini memiliki sejumlah bangunan taman seperti volcano yang berupa wahana air berbentuk mangkuk besar atau ProSlide Behemoth Bowl dengan laser.

Dalam Siam Park ini juga ada wahana naga yang berupa tornado proslide dengan corong sepanjang 20 m dan model naga besar yang menghadap ke jurang.

Hal yang istimewa, terdapat kolam ombak yang diproduksi oleh Murphys Waves Ltd di Skotlandia dengan pantai pasir putih buatan yang tinggi ombaknya mencapai 3,3 meter atau setara dengan 11 kaki.

Oleh karena itu, wahana air Siam Park yang dibuka oleh yang mulia Putri Thailand Maha Chakri Sirindhorn ini juga disebut-sebut sebagai wahana air yang memiliki gelombang ombak buatan terdahsyat di dunia.

9. Mt Olympus

Wahana air Mt Olympus merupakan salah satu kolam dengan ombak terbesar di dunia yang terletak di Wisconsin Dells, Amerika Serikat. Wahana air Mt Olympus memiliki gelombang ombak buatan yang menjulang setinggi 9 kaki dengan gelombang baru yang datang setiap 90 detik. Sayangnya wahana air ini menerapkan aturan larangan bagi orang di bawah tinggi 48 inchi atau 122 cm untuk mencoba wahana air ini.

Wahana air Mt Olympus terdiri atas 4 area taman. Empat area taman tersebut ialah Zeus (playground berupa taman outdoor), Neptunus Water Kingdom yang juga berupa taman air luar ruangan, The Parthenon yang berupa wahana air indoor, dan taman air indoor Medusa.

10. Hawai Waterpark Malang

Indonesia juga mempunyai ombak buatan dengan tinggi 3,5 m. Wahana air tersebut ada di Hawai Waterpark Malang dengan Waikiki Beach atau kolam tsunaminya.

Waikiki Beach menyediakan gelombang ombak yang sama persis seperti di Hawaii. Ini membuat para pengunjung benar-benar dapat merasakan asyiknya ombak di kepulauan Hawaii.

Wahana air ini tidak hanya menyediakan gelombang 3,5 m saja, melainkan juga menyediakan beberapa level ombak yang tetap memberikan gelombang khas Hawai Waterpark Malang.

Tak perlu takut menjajal wahana ini karena keamanan terjamin. Para pengunjung di wahana ini akan didampingi dengan life guard profesional dan alat keamanan yang lengkap.
 

Pewarta : Imarotul Izzah
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]pamekasantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]pamekasantimes.com | marketing[at]pamekasantimes.com
Top