Inilah Sembilan Kampus Islam Negeri yang Masuk Top 100 Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2019

Salah satu sudut kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Foto istimewa)
Salah satu sudut kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Foto istimewa)

PAMEKASANTIMES, MALANG – Saat ini keberadaan perguruan tinggi Islam sudah mulai diperhitungkan. Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) sendiri telah bersaing di tingkat global.

Sejak belasan tahun terakhir, PTKIN mengalami perkembangan yang sangat pesat, baik dari aspek konsep keilmuannya, kelembagaannya, ketenagaan, fasilitas pendidikan, jumlah peminat masuk, hingga hasil karya akademiknya.

Selain itu, di kalangan perguruan tinggi Islam muncul konsep baru, yaitu apa yang dipopulerkan dengan sebutan integrasi dan interkoneksi antara Islam dan ilmu pengetahuan maupun teknologi.

Pada masa sebelumnya, perguruan tinggi Islam pada umumnya sebatas banyak berbicara tentang agama. Namun kini, selain berbicara tentang agama, mereka berwacana tentang sains dan juga teknologi. Hal itu menjadikan seolah-olah perguruan tinggi Islam keluar dari sarangnya, berhasil masuk pada dunia nyata yang lebih luas.

Karena itu, perguruan tinggi keagamaan kini sudah mulai bersaing dengan perguruan tinggi nasional maupun global. Salah satu buktinya terlihat pada ranking Webometrics. Sejumlah 9 PTKIN memasuki 100 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia bersama dengan perguruan tinggi lain.

Webometrics adalah salah satu perangkat atau sistem untuk mengukur atau memberikan penilaian terhadap kemajuan seluruh universitas atau perguruan tinggi terbaik di dunia (World Class University) melalui Website universitas tersebut.

Berikut ini sembilan kampus Islam negeri yang masuk top 100 terbaik Indonesia versi Webometrics 2019.

1. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menempati posisi ke 42 sebagai universitas terbaik di Indonesia dalam Webometrics. Sedangkan di taraf global, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menduduki peringkat ke 4138.

2. Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang
Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang menempati posisi ke 46 sebagai universitas terbaik di Indonesia dalam Webometrics. Sedangkan di taraf global, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menduduki peringkat ke
4202.

3. Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau
Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau menempati posisi ke 48 sebagai universitas terbaik di Indonesia dalam Webometrics. Sedangkan di taraf global, UIN Sultan Syarif Kasim Riau menduduki peringkat ke 4255.

4. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung
Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung menempati posisi ke 50 sebagai universitas terbaik di Indonesia dalam Webometrics. Sedangkan di taraf global, UIN Sunan Gunung Djati Bandung menduduki peringkat ke 4330.

5. Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang
Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang menempati posisi ke 61 sebagai universitas terbaik di Indonesia dalam Webometrics. Sedangkan di taraf global, UIN Walisongo Semarang menduduki peringkat ke 4757.

6. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta
Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta menempati posisi ke 66 sebagai universitas terbaik di Indonesia dalam Webometrics. Sedangkan di taraf global, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menduduki peringkat ke 4861.

7. Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menempati posisi ke 68 sebagai universitas terbaik di Indonesia dalam Webometrics. Sedangkan di taraf global, UIN Alauddin Makassar menduduki peringkat ke 4901.

8. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya
Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya menempati posisi ke 70 sebagai universitas terbaik di Indonesia dalam Webometrics. Sedangkan di taraf global, UIN Sunan Ampel Surabaya menduduki peringkat ke 4963.

9. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura menempati posisi ke 98 sebagai universitas terbaik di Indonesia dalam Webometrics. Sedangkan di taraf global, IAIN Madura menduduki peringkat ke 5829.

Pewarta : Imarotul Izzah
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]pamekasantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]pamekasantimes.com | marketing[at]pamekasantimes.com
Top