Tanggulangi Bencana, Pemkot Batu Siapkan Anggaran Rp 5 Miliar

Kondisi tanah longsor di rumah Suyadi di RT 03 RW 16 Kampung Besta Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. (Foto: Istimewa)
Kondisi tanah longsor di rumah Suyadi di RT 03 RW 16 Kampung Besta Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. (Foto: Istimewa)

PAMEKASANTIMES, BATU – Pemkot Batu semakin menunjukkan keseriusannya dalam menangani dan menanggulangi bencana. 

Dana cadangan dan logistik yang disiapkan sebesar Rp 5 miliar.

“Dana cadangan dan logistik ini memang disiapkan Rp 5 miliar untuk mengantisipasi untuk penanganan bencana,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Sasmito.

Selain menyiapkan dana cadangan dan logistik kebencanaan sebesar Rp 5 miliar, untuk belanja operasional dan modal pada tahun 2019 mendapat jatah anggaran Rp 6,3 miliar.

Ia menjelaskan, anggaran itu disiapkan untuk mengantisipasi naiknya jumlah kejadian bencana di tahun ini. Melihat hingga bulan Januari hingga Mei 2019 mencapai 106 kejadian bencana.

“Namanya bencana kita tidak tahu datangnya kapan. Sehingga kita harus siap siaga untuk menghadapi bencana,” imbuhnya.

Padahal di tahun 2018 itu tercatat 94 kejadian bencana. Dengan demikian ada kenaikan kejadian yakni 12 bencana.

Menurutnya kejadian bencana di tahun ini meningkat cukup drastis, sehingga menuntut  untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

Tidak hanya itu saja, BPBD Kota Batu juga menghimbau agar masyarakat waspada akan bencana yang kapan saja bisa melanda di sekitar.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Heryanto
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Batu TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]pamekasantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]pamekasantimes.com | marketing[at]pamekasantimes.com
Top