Tukang ojek online yang terekam CCTV saat melancarkan aksi pencurian (Foto : Istimewa)
Tukang ojek online yang terekam CCTV saat melancarkan aksi pencurian (Foto : Istimewa)

Warganet khususnya di Kabupaten Malang dibuat gempar dengan kasus pencurian yang dilakukan oleh oknum pengemudi ojol (ojek online). 

Dalam rekaman CCTV (Closed Circuit Television) yang beredar di grub facebook tersebut, pelaku mengambil barang yang diketahui milik penumpangnya saat korban sedang pergi sejenak untuk mengantarkan makanan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh media online ini, aksi pencurian yang dilakukan oknum ojol tersebut terjadi pada Jumat (21/2/2020) dini hari. 

Sedangkan korbannya bernama Hariyono warga Desa Kemasan, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, Yogyakarta.

”Barang milik korban yang dicuri oleh oknum ojek online adalah satu tas berisi laptop beserta cargernya,” kata Kanit Reskrim Polsek Singosari, Iptu Supriyono, Kamis (27/2/2020).

Diperoleh keterangan, sesaat sebelum kejadian tepatnya sekitar pukul 04.00 WIB, korban order ojek online untuk menuju ke Jalan Raya Perusahaan, Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Belakangan diketahui, driver ojol yang mengantarkan korban itu bernama Edy Santoso warga Kelurahan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Setibanya di lokasi kejadian, korban yang saat itu diantarkan dengan sepeda motor matic jenis Vario, turun dari kendaraan dan melakukan pembayaran.

”Informasinya setelah melakukan pembayaran, korban pergi untuk mengantarkan makanan dan lupa jika tas laptopnya tertinggal di lokasi kejadian,” terang Supriyono.

Tidak lama kemudian, korban yang teringat jika laptop penuh data penting miliknya tertinggal, bergegas kembali ke lokasi kejadian untuk mengambilnya.

Namun, saat dilihat ternyata tas beserta isinya sudah tidak ada di tempat semula. 

Merasa penasaran, korban akhirnya menghubungi pengemudi ojol yang mengantarkannya dengan maksud menanyakan keberadaan laptop miliknya.

”Sesaat setelah kejadian nomor HP (Handphone) milik pelaku sudah tidak aktif,” sambung Supriyono kepada wartawan online ini.

Korban yang merasa penasaran akhirnya melihat hasil rekaman CCTV yang ada di lokasi kejadian.

Ketika dicek, laptop miliknya ternyata dicuri oleh pengemudi ojol yang mengantarkannya.

Kejadian inipun akhirnya dilaporkan ke pihak kepolisian. 

Di hadapan petugas Mapolsek Singosari, pria 26 tahun itu mengaku jika laptopnya dicuri oleh oknum pengemudi ojol.

Mendapat laporan, petugas gabungan dari Opsnal Polres Malang dan Unit Reskrim Polsek Singosari dikerahkan untuk melakukan penyelidikan.

Setelah meminta keterangan beberapa saksi dan mendalami hasil rekaman CCTV, pelaku pencurian mengarah kepada Edy Santoso.

”Tersangka kami amankan ketika sedang menunggu orderan di wilayah Karanglo,” jelas Supriyono.

Hingga berita ini di tulis, tersangka Edy masih menjalani pemeriksaan di Mapolsek Singosari.

Pasalnya, pria yang saat ini berusia 35 tahun itu diduga kuat sering melancarkan aksi serupa terhadap beberapa orang penumpangnya.

”Kasusnya masih akan kita kembangkan, akibat perbuatannya tersangka kami jerat pasal 362 KUHP tentang tindak pidana pencurian,” ujar Supriyono.