Timnas Indonesia saat melakukan latihan (official PSSI)
Timnas Indonesia saat melakukan latihan (official PSSI)

Ketua Umum PSSI juga membenarkan adanya informasi terkait Piala AFF U-16 dan AFF U-19 yang rencananya digelar di Indonesia pada Juli dan Agustus ditunda untuk waktu yang belum bisa ditentukan. Begitu pula Piala AFF U-18 Putri yang rencananya juga menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah. 

Agenda tersebut bisa saja batal digelar karena situasi pandemi Corona di Indonesia belum dipastikan kapan akan berakhir. Karenanya Iriawan meminta kepada semua pihak agar Covid-19 segera berlalu.

"Kita semua harus berbesar hati. Ini adalah kondisi darurat yang melanda umat manusia di dunia. Mari kita saling bergandengan tangan, tanpa saling menyalahkan. Jika kita kompak dan bersatu, kita akan kuat, bersama melewati ujian ini," kata Ketua Umum PSSI yang juga anggota Kepolisian ini.

Sementara itu, AFF juga memastikan ada lima turnamennya yang tetap digelar sesuai jadwal. Lima turnamen tersebut yaitu Piala AFF Putri U-15 di Indonesia bulan September, Piala AFF pada November mendatang. Setelah itu, ada Piala Futsal AFF, Piala Klub Futsal AFF, dan Piala Sepak Bola Pantai AFF yang semuanya dilangsungkan di Thailand pada akhir tahun 2020.

Namun jika ada situasi luar biasa seperti wabah Corona, tentu AFF akan mempertimbangkan untuk menjadwalkan ulang turnamen yang sudah disusun. 

"Karena situasinya terus berkembang, kami akan terus mencermati dan tidak akan ragu untuk melakukan perubahan pada jadwal kami jika diperlukan. Dalam setiap keputusan yang kami buat, AFF akan selalu memprioritaskan kesejahteraan komunitas sepak bola kami," lanjutnya.

Saat ini AFF terus mengikuti perkembangan pandemi virus corona bersama Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Kementerian Kesehatan, Instansi Pemerintah, FIFA, dan AFC.

"Kita semua harus melakukan bagian untuk mengupayakan agar penyebaran virus ini tidak semakin tinggi sehingga semua tenaga media yang mempertaruhkan hidup mereka di luar sana dapat mengatasi jumlah pasien yang sakit parah," ucap Khiev Sameth.

"Semua langkah yang diberlakukan masing-masing pemerintah hanya dapat berjalan sesuai rencana jika kita melakukan bagian kita untuk meminimalkan kontak sosial," tambahnya mengakhiri.